7 Esensi Situs Web yang Ramah Pengguna yang Mengkonversi Lebih Banyak

26-09-2022

Apa itu situs web yang ramah pengguna?

Jika Anda meminta seseorang untuk menjelaskan apa itu situs web yang ramah pengguna, mereka mungkin akan menjelaskannya dengan kata-kata mereka sendiri, dan kata-kata itu mungkin terdengar sangat berbeda dari Anda.

Situs web yang ramah pengguna mudah digunakan, efektif, dan dirancang dengan mempertimbangkan pelanggan. Ini memiliki fitur yang memungkinkan pelanggan menemukan apa yang mereka inginkan, desain yang membuatnya menyenangkan untuk digunakan, dan antarmuka yang membuat penyelesaian tugas menjadi mudah.

Situs yang ramah pengguna akan membuat pengguna merasa diberdayakan dan dilibatkan. Pelanggan harus merasa bahwa pemikiran mereka telah didengarkan dan bahwa situs tersebut dibuat hanya untuk mereka oleh orang-orang yang benar-benar peduli.

Ketika pengguna mengunjungi sebuah situs web, mereka harus merasakan bahwa mereka memasuki suatu tempat khusus di mana mereka dirawat, disambut dengan hangat, dikelilingi oleh wajah-wajah yang tersenyum, dan diberi poin ekstra cantik untuk terlihat begitu baik di layar mereka.

Tujuh hal penting dari situs web yang ramah pengguna

1. Struktur dan navigasi yang jelas

Struktur yang jelas sangat penting untuk kegunaan yang baik dari situs web Anda. Jika sulit mencari informasi yang tepat, pengunjung akan pergi. Struktur yang jelas dan logis memudahkan untuk menemukan informasi yang Anda cari.

Navigasi yang baik membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dan memberi mereka gambaran umum tentang semua konten di situs Anda.

Di Situs Web, menu dan tautan internal membantu orang menavigasi ke konten yang relevan. Fungsi pencarian juga memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari.

Navigasi adalah salah satu elemen terpenting dari situs web yang baik. Jika pengguna tidak dapat menemukan apa yang mereka cari, maka tidak masalah seberapa bagus konten Anda atau seberapa menakjubkan desain Anda secara visual.

Pengguna perlu menemukannya, dan mereka perlu menemukannya dengan mudah. Setiap kali Anda mulai membangun situs, selalu duduk dengan pena dan kertas dan gambarkan cara yang paling efisien untuk menavigasi situs. Ini akan membantu Anda memvisualisasikan di mana halaman akan ditayangkan dan bagaimana pengguna akan berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh navigasi yang buruk:

  • Kurangnya struktur navigasi

  • Tidak ada label yang jelas pada item navigasi

  • Tidak adanya item navigasi yang menonjol (misalnya, tidak ada "Hubungi kami")

  • Terlalu banyak tautan di menu navigasi utama

  • Item menu sulit dibaca atau dipahami

Singkatnya, navigasi dan struktur yang jelas memainkan peran penting dalam membuat situs web Anda ramah pengguna.

2. Kecepatan pemuatan yang baik

Kecepatan memuat situs web adalah elemen penting dari pengalaman pengguna. Jika situs Anda dimuat dengan lambat dan Anda tidak dapat menyelesaikan masalah, Anda akan kehilangan banyak pengunjung.

Kabar baiknya adalah ada beberapa alat yang dapat membantu Anda memeriksa apakah kecepatan memuat cukup baik, dan mereka juga menunjukkan cara meningkatkannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang situs web Anda atau memerlukan bantuan untuk pengoptimalannya , hubungi agensi digital berpengalaman yang pasti dapat membantu Anda.

Bagaimana ukuran gambar memengaruhi kecepatan muat

Ukuran gambar adalah salah satu hal terbesar yang perlu diperhatikan dalam membuat situs yang ramah pengguna. Jika situs Anda memiliki gambar berukuran besar, maka kemungkinan besar memuat lebih lambat. Anda dapat dengan mudah mengompres gambar dengan alat kompres foto online.

Alat kompresor gambar yang andal dapat sangat membantu untuk mengurangi ukuran gambar dan membuat situs Anda dimuat lebih cepat dari yang diharapkan.

3. Penampilan yang konsisten

Penampilan yang konsisten sangat penting untuk situs web yang ramah pengguna. Ini memberi pengguna rasa keakraban yang membantu mereka menavigasi dan menggunakan situs Anda dengan mudah. Konsistensi tidak terlalu mengacu pada tampilan keseluruhan situs tetapi lebih pada bagaimana elemen digunakan.

Ada tiga jenis konsistensi yang perlu Anda ketahui saat mendesain situs web yang ramah pengguna: visual, fungsional, dan internal.

Situs yang memiliki tampilan yang tidak konsisten sulit digunakan dan tidak menyenangkan. Pengguna web terbiasa dengan perilaku tertentu di web, dan konsistensi memudahkan mereka untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya (misalnya, mereka mengharapkan logo di sudut kiri atas membawa mereka ke beranda atau tautan tersebut biru).

Jika Anda memiliki elemen tertentu dari desain Anda yang terlihat satu arah, dan kemudian Anda memiliki elemen lain yang terlihat berbeda, maka orang tidak akan tahu apa yang diharapkan dari situs Anda, dan itu menjadi kurang intuitif.

Lihat semua elemen dalam desain halaman Anda dan pastikan semuanya menggunakan gaya yang sama. Ini termasuk hal-hal seperti:

  • Judul

  • Gaya teks

  • Bidang formulir

  • Tombol

  • Menu navigasi

Meskipun ini mungkin tampak seperti poin yang jelas, saya selalu kagum pada berapa banyak situs yang tidak mengikuti prinsip ini.

4. Desain yang kompatibel dan responsif

Desain yang kompatibel dan responsif sangat penting untuk situs web yang ramah pengguna. Ketika datang ke desain web, ada dua faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan pengguna akan memiliki pengalaman hebat di situs web Anda.

Faktor pertama adalah desain yang kompatibel. Dengan kata lain, situs web Anda harus berfungsi dengan baik di semua platform dan browser. Anda tidak dapat mengontrol cara pengguna membuka situs web Anda. Oleh karena itu, situs Anda harus berfungsi di semua perangkat, termasuk ponsel, tablet, dan PC.

Faktor kedua adalah desain responsif. Artinya, meskipun pengguna menggunakan perangkat yang berbeda dengan berbagai ukuran layar, mereka tetap harus memiliki pengalaman hebat di situs web Anda. Di layar mereka, mereka dapat melihat setiap elemen dengan jelas tanpa kesulitan.

5. Hapus CTA (Ajakan Bertindak)

Pesan ajakan (CTA) adalah kunci untuk mempromosikan pengguna Anda untuk mengambil langkah berikutnya, jadi penting agar mereka jelas dan mudah ditemukan.

Jaga agar bahasa tetap sederhana dan gunakan kata kerja tindakan yang kuat seperti 'bergabung sekarang', 'unduh sekarang', atau 'cari tahu lebih lanjut.

Tombol harus menonjol dari sisa halaman dengan menggunakan warna yang kontras atau membuatnya lebih besar. Jika Anda menggunakan tombol yang menyatu dengan sisa situs Anda, pertimbangkan untuk menambahkan batas di sekelilingnya atau mengubah bentuknya, sehingga menonjol dari yang lain.

Dalam hal pengalaman pengguna, ini tentang mengurangi gesekan bagi pengguna.

Anda hanya punya waktu beberapa detik untuk menarik perhatian pengunjung Anda dan menginspirasi mereka untuk berinteraksi dengan halaman Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan ajakan bertindak (CTA) yang jelas.

CTA adalah tombol atau tautan di situs web yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan. CTA mendorong pengunjung untuk mendaftar ke buletin, mencoba demo gratis, menghubungi Anda, dll. Begitulah cara Anda mendorong orang untuk berinteraksi dengan situs Anda.

Apa yang membuat CTA bagus?

Berikut adalah beberapa elemen kunci dari ajakan bertindak yang baik:

Bahasa yang dapat ditindaklanjuti – Ini berarti menggunakan kata kerja imperatif (pikirkan: "daftar sekarang" alih-alih "daftar hari ini") atau kata-kata emosional yang kuat (seperti "gratis" atau "akses instan").

Warna kontras – Anda ingin tombol CTA Anda menonjol dari halaman lainnya. Pilih warna yang kontras dengan skema warna lainnya, sehingga Anda menarik perhatian pengunjung saat mereka melihat halaman.

Ruang putih – Jangan memadati halaman Anda dengan terlalu banyak CTA. Banyak ruang putih di sekitar CTA membantu membuatnya menonjol di halaman web.

6. Tata letak ramah seluler

Salah satu aspek terpenting dari situs web yang ramah pengguna adalah daya tanggap selulernya. Mengingat popularitas smartphone dan tablet, hampir tidak mungkin membayangkan toko online yang tidak memiliki versi seluler, yang secara otomatis disesuaikan dengan ukuran layar berbagai perangkat. Jika Anda belum mendapatkan versi seluler, Anda mungkin kehilangan penjualan dan pengunjung.

Kebanyakan orang menggunakan smartphone mereka untuk menjelajah internet. Jika situs Anda tidak mobile-friendly, mereka tidak akan dapat membacanya, dan mereka akan pergi ke tempat lain.

Oleh karena itu, pastikan situs Anda memiliki tata letak yang ramah seluler. Jangan lupa untuk menguji situs Anda di perangkat yang berbeda untuk memastikannya cukup responsif. Mereka harus memberikan hasil yang baik pada tablet juga.

7. Informasi rinci

Informasi terperinci sangat penting untuk situs web yang ramah pengguna. Para pengunjung harus dapat menemukan semua yang mereka butuhkan dalam informasi yang disediakan di situs web Anda. Jika tidak, mereka akan melompat ke sumber daya lain di mana mereka bisa.

Jadi, penting untuk memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang produk dan layanan Anda, manfaat, dan diskonnya. Pendekatan semacam itu mendorong orang untuk membeli dari Anda daripada dari pesaing Anda.

Juga berguna jika Anda menambahkan lebih banyak detail tentang perusahaan Anda, pendiri dan karyawannya, misi merek Anda, dll. Memberikan informasi semacam itu membantu orang-orang mengetahui lebih banyak tentang Anda dan lebih mempercayai Anda.

Orang sering takut membeli dari merek yang tidak dikenal, dan memberikan informasi terperinci tentang perusahaan Anda membantu orang mengatasi ketakutan mereka.